Categories
Info

Sinkronisasi Program & Pengembangan Aplikasi Digital Masjid Berta’awun Bersama BJB Syariah

Rapat teknis yang digelar antara INDONESIA BERTAAWUN (IB) dan BJB Syariah, Rabu, (8/9/2021) bertempat di Kantor Pusat BJB Syariah Bandung, adalah upaya tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Bersama yang telah ditandatangani kedua belah pihak beberapa waktu sebelumnya.

Hadir dalam diskusi, pimpinan dan staf BJB Syariah Bandung, bersama dengan Ketua Yayasan Insan Indonesia Bertaawun, Wahyu Prihartono, didampingi oleh Feri Susanto selaku Direktur Eksekutif.

Beberapa hal pokok yang masuk dalam agenda pembahasan pada pertemuan kali ini antara lain kelanjutan rancangan program digitalisasi yang disiapkan oleh BJB Syariah Bandung terhadap masjid-masjid yang diafiliasi oleh INDONESIA BERTAAWUN.

Selebihnya, Asep Saripudin, Pemimpin Divisi Dana Jasa Konsumer Bank BJB Syariah Bandung mengungkapkan bahwa, untuk beberapa hal pada prinsipnya antara IB dan BJB Syariah sudah satu visi, hanya tinggal sinkronisasi program-program nya saja, mana konsep atau program yang bisa saling diterima kedua belah pihak untuk bersama di jalankan, ujarnya.”

Program digitalisasi ini diharapkan akan semakin memperkuat sekaligus memperkaya konsep Masjid Bertaawun itu sendiri, kecepatan serta kemudahan dalam mengakses data atau informasi melalui sebuah platform atau sarana digital, menjadi sebuah keniscayaan.

Melalui platform digital, prinsip-prinsip akuntabilitas serta transparasi dalam tatakelola sebuah masjid diharapkan dapat dijalankan, sebagai sebuah bentuk pertanggung jawaban kepada jama’ah atau ummat,  sehingga izzah masjid pun pada akhirnya akan semakin terjaga.

IB dan BJB Syariah mentargetkan 5.000 Masjid Bertaawun di Jawa Barat,  dan sebagian akan mengusung tema ‘Masjid Digital Berta’awun’ untuk di ujicobakan. Proses interaksi yang terbangun antar masjid beserta komponen yang menyertainya dalam setiap aktifitas, kegiatan akan semakin terintegrasi, berjalan efektif dan berdaya guna. Didukung oleh pemanfaatan fasilitas serta teknologi digital yang tepat, program Masjid Digital Bertaawun bila ditinjau dari beberapa perspektif, diproyeksikan  akan dapat membuka berbagai peluang menjanjikan kedepan bagi hubungan kemitraan BJB Syariah dan IB.